PERLENGKAPAN DASAR MENDAKI GUNUNG

RANSEL / BACKPACK / RUCKSACK / CARRIER / KERIL / TAS GUNUNG / TAS PUNGGUNG.

Yang harus diperhatikan:

RINGAN.

Ransel sejauh mungkin tidak merupakan beban tambahan yang berlebihan (bayangkan bila berat ransel kosong Anda sudah 8 kg), terbuat dari bahan yang water proof sehingga kalau hujan tidak akan bertambah berat, dan cukup melindungi isinya (walaupun tetap harus diberikan perlindungan ekstra
dengan penggunaan kantung-kantung plastik terutama untuk perlengkapan-perlengkapan yang peka ; pakaian tidur, alat tulis, makanan kering, dan lain-lain).

KUAT.

– Harus mampu membawa beban dengan aman, berdaya tahan tinggi, tidak mudah robek, jahitannya tidak mudah lepas, resletingnya cukup kokoh, dan sebagainya. Pokoknya kuat!

– Sesuai Dengan Kebutuhan dan Keadaan Medan.

Ransel yang dipakai haruslah sesuai dengan keadaan medan yang dihadapi. Untuk medan gunung hutan, tidak dianjurkan untuk memakai ransel dengan rangka luar (external frame). Ini akan menyulitkan pergerakan jika melewati semak. Ransel jenis tersebut cocok digunakan pada medan-medan datar, terbuka (salju, Padang rumput, pantai).

– Nyaman Dipakai.

Dianjurkan agar memakai ransel yang mempunyai rangka. Rangka ini perlu agar berat beban merata dan seimbang ke seluruh tubuh. Rangka ini juga membuat kenyamanan karena adanya ventilasi antara tubuh/punggung dengan ransel. Bagi ransel dengan rangka di dalam (internal frame) mungkin perlu
ditambah dengan bahan yang menyerap keringat pada bagian yang bersentuhan dengan punggung. Tali penyandang ransel haruslah kuat, cukup lebar, serta empuk, dan mudah disetel. Juga hip belt untuk mengatur agar ransel menempel dengan baik ke tubuh serta membantu pembagian berat beban. Tali ransel – webbing – sebaiknya terbuat dari bahan yang kuat dengan anyaman yang tidak longgar, sehingga dapat disetel dengan mudah.

PRAKTIS.

Kantung-kantung tambahan serta pembagian ruangan akan memudahkan mengambil barang-barang tertentu.
Sekarang ini banyak sekali macam ransel dengan berbagai model, ukuran, bahan, serta harga yang bervariasi di toko-toko. Ketelitian Anda memilih akan banyak menentukan. Harga yang mahal belum tentu menjamin ransel yang baik. Untuk itu pilihlah ransel yang sesuai dengan kriteria di atas. Untuk jenis perjalanan tertentu, ada baiknya Anda lengkapi ransel Anda dengan kantung tambahan atau Anda bawa day pack, untuk memudahkan pergerakan, terutama jika perjalanan tersebut banyak melakukan berbagai penelitian, atau sering melakukan perpindahan tempat. Day pack yang Anda bawa akan sangat
banyak membantu.

Tips menyetel ransel agar sesuai dengan tubuh:

1. Isi ransel dengan beban palsu, misalnya bantal, hingga terisi penuh dan mengembang seluruhnya. Longgarkan semua tali, dan perhatikan fungsi serta lokasi gespernya.

2. Naikkan setelan punggung (jika ada), ke bagian paling tinggi.

3. Kenakan ransel di tubuh, kemudian kencangkan tali penyandang ransel bagian bawah hingga ransel terasa nyaman di punggung dan bahu.

4. Raihlah ke bagian punggung untuk menyesuaikan setelan punggung (jika ada). Tujuannya adalah untuk memasang ransel setinggi mungkin pada bahu.

5. Kencangkan tali pinggang (hip belt). Tali pinggang berfungsi untuk mentransfer beban dari bahu ke kaki, melalui pinggul.

6. Kencangkan tali penyandang ransel bagian atas untuk mendekatkan ransel ke punggung, dan menaikkan pusat gravitasi pada ransel.

7. Mengencangkan tali penyandang ransel sambil melonggarkan tali pinggang akan mengurangi tekanan pada pinggang, dan demikian sebaliknya. Gunakan teknik ini berganti- ganti untuk
mengurangi rasa pegal pada pinggang dan bahu saat perjalanan.

8. Posisi ransel paling nyaman adalah setinggi mungkin pada punggung. Jangan sampai posisi ransel
menggantung di pantat, karena itu akan membuat anda lebih tidak nyaman dan cepat lelah.

Bersambung..

Bila dirasa berguna, silakan dibagikan.. Selamat menunaikan ibadah gunung.. _/\_

 

SOURCE : https://www.facebook.com/sekolahpendakigunung/posts/913275715423624:0

 

12313876_913275715423624_1634341388935944692_n

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s