MASAK APA DI GUNUNG?

|| MASAK APA DI GUNUNG? ||

10850072_731536723597525_8932464667532986011_n

Sering saya bertemu dengan pendaki gunung yang membawa bekal ‘apa adanya’ dengan alasan kepraktisan seperti mi instan dan kacang hijau. Kakak saya saja mendaki arjuna dengan bekal mi instan dan bahkan tak bawa tenda. Cuma flying sheet atau ponco untuk bivak (tenda sederhana) saja. Walah..

Menurut saya, mendaki gunung memang harus sepraktis mungkin. Tapi bukan berarti minim persiapan dan membahayakan diri sendiri. Kalau kurang gizi, tenaga berjalannya dari mana? Pake batre gitu ya?

Syukurlah, selama saya naik gunung bersama teman-teman pecinta alam di kampus dulu tidak pernah kurang persiapan. Malah bisa dibilang cukup “mewah” meski dana terbatas. Bayangkan saja, waktu merayakan ulang tahun organisasi, kami naik Merbabu berbekal ayam berbumbu siap bakar lho! Hi hi hi!

Nah, mungkin saya bisa sedikit berbagi mengenai menu masakan di gunung dan apa saja yang bisa dibuat tanpa terlalu kepayahan membawanya.

Prinsip bahan makanan:

1. Tidak basah mentah.
Misalnya kalau bawa ayam, sudah diolah (bumbu+rebus) sebelum berangkat lalu dikemas layak (alumunium foil/plastik).

2. Sayuran tidak mudah busuk dan bisa divariasikan.
Paling gampang adalah wortel, kentang rendang (sudah dicuci bersih dan kering), kol, kubis, brokoli dan semacamnya. Tapi kadang bisa beruntung bertemu selada air di gunung yang memiliki sungai.

3. Bumbu instan atau bumbu utama praktis.
Sekarang mau masak apa saja sudah ada bumbu instannya, jadi praktis. Sop? Tinggal tambah kaldu instan. Tambahannya paling bawang (sudah dikupas), cabai (kalau niat bikin sambal), dan terasi (kalau mau). Bisa juga bawa sambal pecel atau sambal botolan. Bawa kecap manis favorit, bisa jadi “lauk” dadakan he he..

4. Bawa makanan kaleng “all-purpose”
Maksudnya sih, bawa yang bisa dipadukan menu sayuran atau bisa dicampurkan ke bahan lain dan harus disukai semua anggota. Contoh: kornet daging. Isinya banyak, bisa dicampur telur, dibuat nasi goreng, jadi isian roti tawar, dan banyak lagi.

Sekarang, menu apa saja yang bisa dibuat di gunung? Yang jelas harus memenuhi kecukupan gizi terutama karbohidrat untuk energi dan protein.
Selain itu, cukup membawa 1 jenis bahan yang bisa dikreasikan macam-macam. Misal, kalau tidak nasi (menanak beras), bisa diganti mi atau kentang rebus supaya tak perlu bawa semua jenis.

Menu:
– Capcay atau sop: cukup pakai wortel, kubis, bumbu instan, bawang.
– Pecel: cukup bawa tauge, sambal pecel
– Ikan asin goreng: bawa wajan kecil + minyak goreng dalam botol kecil cukup kok.
– Kerupuk. Siapa sih yang bisa menolak kerupuk?
– Tempe/tahu. Sebetulnya enak tempe, tapi panasnya suhu dan lama perjalanan yang tidak bisa ditebak bisa menyebabkan tempe cepat busuk. Caranya bisa digoreng asin biasa atau digoreng tepung.
– Fuyunghay: telur dikocok, dicampur daging atau sayuran. Sausnya cukup saus botolan dicampur sedikit maizena yang diencerkan air lalu didihkan bersama bawang bombay dan kacang kapri, tambahkan tomat.
– Sop jagung/kepiting/jamur, dsb. Sekarang banyak kemasan sop instan kental yang enak disantap panas-panas. Cukup tambahkan sayuran beku, potongan jamur atau kocokan telur untul memberi sensasi resto Sajikan dengan irisan cabai dan kecap asin atau lada.
– Roti bakar, nasi goreng (dari kegiatan masak semalam), sosis goreng, telur ceplok, susu cokelat dan menu sarapan lain yang pasti praktis dan lumayan enak.
– Ayam goreng/bakar. Bumbui ayam sebelumnya dan dalam keadaan matang (direbus). Jadi tinggal goreng/bakar saat sampai di pos kemping.
– Mie instan. Haram sih bawa mi untuk makanan utama, tapi dia berguna untuk kondisi lapar tak tertahankan dan bisa untuk campuran sayur jadi sop mi, mi goreng, magelangan, dst
– Jelly/agar. Bawa jelly instan, masak malam hari, biarkan di luar tenda (pasti dingin), lalu besoknya bisa jadi bekal tambahan.

Untuk bekal snack dan minuman, bisa juga bawa roti tawar, biskuit, sereal, susu atau cokelat untuk menangkal hawa dingin dan mengganjal perut selama di jalan.

Selamat bertualang dan masak-masak asik..

source; pamitjalan.wordpress.com/
foto atas kebaikan Dheayu Jihan Bias Khansa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s